11 Golongan ini inshaallah tidak dihisab pada hari kiamat .

Setiap orang tentu mendambakan keselamatan di dunia maupun di Akhirat. Ada 11 golongan yang insya Allah tidak dihisab pada Hari Kiamat, siapakah mereka? Perlu diketahui,

Kiamat adalah hari yang sangat sulit bagi setiap manusia kecuali bagi orang-orang yang dirahmati. Setelah dibangkitkan dari alam kubur, seluruh manusia akan dihimpun di satu tempat,

bernama Padang Mahsyar atau “Padang Mauquf” yang artinya tempat berhenti sementara. Pada hari itu seluruh manusia dikumpulkan sebelum dihisab (diadili).

Saat itu manusia akan mengalami kepayahan karena matahari didekatkan hingga keringat membanjiri manusia. Namun, Allah memberi pertolongan kepada orang-orang yang dirahmatinya.

Dalam satu Hadis diterangkan ada tujuh golongan yang yang dinaungi-Allah pada Hari Kiamat. Al-Habib Abdullah bin Husein bin Thohir Ba’alawi dalam Kitab Is’adur Rofiq menyebutkan ada 11 golongan yang bernasib baik tanpa hisab di Akhirat kelak.

Berikut keterangan beliau sebagaimana dilansir dari kanal @berkatguru_sekumpul: ‎فائدة: ورد في الأحاديث أن من ابتلى بذهاب بصره أو غيره من البلايا فصبر حتى يلقى الله، ومن مات بطريق مكة ذاهبا أو آيبا، وكل رحيم صبور، وطالب العلم، والمرأة المطيعة لزوجها، والبار بوالديه، والماشي في حاجة أخيه المسلم، ومن ربى صبيا يقول “لا إله إلا الله”، ومن مات ليلة الجمعة أو يومها، ومن بلي بمصيبة في بدنه أو ماله فصبر، ومن قرأ سورة القدر بعد وضوئه ثلاثا، ومن حفر بئرا بفلاة إيمانا واحتسابا، لا يحاسبون.

Tersebut di dalam banyak Hadis bahwa orang-orang berikut ini insya Allah tidak akan dihisab di hari Kiamat.

1. Mereka adalah orang yang diuji dalam bentuk kehilangan penglihatan atau ujian lainnya lalu bersabar hingga wafat.

2. Orang yang wafat di tengah jalan baik menuju Makkah maupun sepulangnya.

3. Setiap orang penyayang lagi penyabar.

4. Perempuan yang taat kepada suaminya.

5. Orang yang berbakti kepada kedua orang tuanya.

6. Orang yang berjalan untuk membantu orang lain yang sedang memiliki hajat.

7. Orang yang mendidik anak kecil mengucap “La ilaha Illallah”.

8. Orang yang wafat siang atau malam Jumat.

9. Orang yang kena musibah pada fisiknya atau hartanya lalu bersabar.

10. Orang yang membaca surat Al-Qodar sebanyak 3 kali usai berwudhu.

11. Orang yang membuat sumur di tanah lapang secara ikhlas untuk kepentingan umum (umat).

Demikian 11 golongan yang insya Allah tidak akan dihisab pada Hari Kiamat. Adapun Hadis yang menyebut 7 golongan yang akan mendapat naungan Allah pada Hari Kiamat, yaitu:

1. Pemimpin (imam) yang adil.

2. Pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Allah.

3. Lelaki yang hatinya selalu terpaut dengan masjid. 4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah dan berpisah karena Allah.

5. Lelaki yang diajak berbuat zina oleh seorang wanita yang memiliki kekuasaan dan kecantikan dan dia berkata ‘saya takut kepada Allah’.

6. Orang yang bersedekah kemudian dia merahasiakannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang telah disedekahkan oleh tangan kanannya.

7. Orang yang berdzikir kepada Allah dalam keadaan sendiri hingga kedua matanya basah karena menangis.

sumber: kalam